Senin, 23 Juli 2012

Bedil dan Ramadhan

ini lho yang namanya bedil
Suara bedil menggema diseantaro kampung Tua Tunu, pertanda kalau bulan Ramadhan telah datang, suaranya bersahut sahutan, tidak peduli  siang, malam kadang kala waktu sahur pun sudah menggema, bahkan bagi ibu yg punya anak kecil, bedil  bisa dibilang musuh bebuyutan karena suaranya yang nyaring haha..bedil sama mercon saingan siapa yg suaranya paling  kenceng. tapi kagak ada yang berani mainin bedil deket rumah ane, kalo adapun pasti tak marahi kalo perlu tak ajak sparring ajah hoho..makane ra wani to.

Bedil bambu tidak hanya sekedar permainan, tetapi juga merupakan identitas budaya, saat ini bedil bambu jarang dimainkan, mungkin untuk wilayah pangkalpinang bedil hanya bisa dijumpai dikampung saya karena tua tunu merupakan kampung tradisional kota pangkalpinang. 

Eh sekarang dah hari ke 4, semalam masjid depan rumah ramene puol..subhanallah, masyarakat dikampung antusias bgt ibadahnya, apa lagi yang cowok-cowok, beeih kalo gitu trus pasti tambah ganteng aje tuh cowok, tp emng dasarnya udah pada ganteng si cowok2 tua tunu, seantaro bangka aje tau...(kok jd promosi..jiaaan tenan rek..ora ceto iki).

Alhamdulillah masih bisa jumpa sama ramadhan kali ini, mudah-mudahan ramadhan kali ini bisa sempurna dari taun sebelumnya. kalo bulan puasa jadwal makan selalu teratur dan bareng2 terus..itu yang gw suka, setelah 7 taun jarang kumpul2 sama kluarga (mak, pa', adek, kakak), ahirnya taun ini kluarga sudah utuh setelah sekian lama pergi meninggalkan tua tunu tercinta...(ceileh gaya doank padahal seneng, karna dah bosen dikampung)...ramadhan jadi momen yang paling ditunggu-tunggu. hahah ada aja tingkah lucu adek2Q, tingkah anak kecil padahal udah tua smua, malah  saya yang dikira adek, karena postur badan yg laen dari yang laen.

2 komentar:

Etty Zwei mengatakan...

wahhh seru tuh.. kalau aQ ke Bangka, kita maen bedil-bedilan ya Bang walaupun bukan bulan Puasa boleh kan?

Nuryani mengatakan...

boleh2 aja...tapi kmu yang ngayri bambu ya...hihi