Minggu, 02 Februari 2014

Pura Tanjung Bunga

Telat posting, jalan-jalannya tgl 28 Des 2013 lalu..baru sempet nulis.
Rute jalan2 kali ini ke tanjung bunga, karena ujan ga pake berenti, ahirnya nerobos ujan, g apa2, demi kawan yg udah jauh2 dateng dari bandung. 
Rute awalnya si mo jalan2 kesungailiat, karena ujannya awet banget dari pagi sampe siang  ahirnya kami cuma melancong dipangkalpinang aja. 
Tujuannya ke tanjung bunga, mau ke pura tempat ibadah umat hindu, karena penasaran liat poto kawan2 di pesbuk, di pura tersebut ada juru kunci gitu, dsuruh pake slendang batik seperti di candi borobudur dan prambanan gitu dan pas dipintu masuk mau naik ke pura kami ditaber2 (bahasa Bangka) atau di percik dengan air yg ada bunganya, wangi, tapi sebagai seorang muslim aku ngerasa gmn gitu, maklum ini pertama kalinya aku memasuk tempat ibadah non muslim. Puranya baru tahap finishing jd blom rampung 100% tapi lumayan bagus, seperti pura2 di bali, penjaganya bilang tapi bangunan puranya lebih bercorak hindu jawa, dan perbedaanya terdapat pada patung-patungnya, itu yang membedakannya dg pura yang ada dibali.


poto dulu sebelum masuk



Pintu masuk pura
Tampak dari depan
warna orange terang..cerah
yang paling cantik tu pake baju item, ditambah lagi ada bunga,,ahahaha,,,ujan2nan tapi g patah semangat, waktu poto2 pun masih ujan


tu juru kunci atau penjaga gapuranya bapak yg pake baju putih, karena kami masuk kedalem pura bapaknya sengaja ganti baju putih itu, katanya klo masuk tempat ibadah kan harus berpakaian bersih dan sopan, kalo diliat si bajunya seperti baju yang dpake orang2 bali ketika mau bersembahyang
ayak sikok ne cikar kali, klo jalan2 seringnya dy sendiri cowoknya

Deti dan Me
Setelah ke pura kami berkunjung ke tepekong (bahasa Bangka) atau yang biasa disebut klenteng, masih ditanjung bunga, jaraknya juga tidak terlalu jauh, jalan2 kali ini kami seperti ke bali dan  dibeijing saja. tapi sayang potonya udah dihapus dhp aan, ilang deh dokumentasi di tepekongnya.

Tidak ada komentar: