Selasa, 19 Juni 2012

Lakso

kuliner khas bangka n khas banget dikampung ku
Hemmm bertepatan isra’ mi’raj kemaren, masyarakat dikampung kami tepatnya kel tua tunu mengadakan nganggung dimasjid (membawa dulang berisi makanan ke mesjid atau langgar). 

so ibu2 dh buatin makanan untuk di anggung kmsjd,,,ibu saya kebetulan membuat lakso yakni makanan khas bangka, lakso ini terbuat dari tepung beras dicampur sagu, makannya pun dikuah dengan ikan yg sudah dicampuri rempah2...kalo soal rasa...hemmm nikmat bgt,rasanya  kenyal gitu, lakso ini banyak dijual dipasar, jadi klo malas membuat sendiri, masyarakat bangka pun bisa membelinya dipasar atau memesan langsung ke pembuat lakso..klo ada kegiatan nganggung biasanya ibu2 membuat makanan khas daerah..beruntung bgt,,,ibu saya bisa membuat makanan tersebut..dan soal rasapun g kalah sama yg dijual dipasar...

klo ada kegiatan nganggung biasanya ibu2 membuat makanan khas daerah..beruntung bgt,,,ibu saya bisa membuat makanan tersebut..dan soal rasapun g kalah sama yg dijual dipasar...
ini dia laksonya....klo orng bangka pasti udah pernah nyoba makanan ini...tapi sayang ya..saya Cuma bisa makan tok, ora isi bikine..sesuk2 arep sinau ah karo ibuQ...
lakso setelah proses drebus ato dicelor...trus ditaroh ditampah deh (anyaman dari bambu)



Lakso siap disantap..hemm sedapnya..


5 komentar:

Fitri mengatakan...

Lakso ma Bakso beda ya?? belinya dmana?? apa cuma ada di bangka? bsok klo main ke jogja bawain ya...

Yanielieanfa mengatakan...

beda no...jauh bgt bedax,,,smpe2 djogja aja g ada..kalau dbangka bnyk djual...hemmm kpn yaaa kjogja lg..tar klo q bawa kjgja tar kburu basi

ANDY KARMEL mengatakan...

kalau alat cetak lakso nya beli dimana yah. tolong di rekomendasikan. pls help.

tks

rdgs,
Andy (andy.karmel@gmail.com)

Yanielieanfa mengatakan...

alat cetak lakso, kalo dipasar pangkalpinang banyak dijual kok mba..

Yanielieanfa mengatakan...

kalo didaerah lain saya kurang tau ada atao nggak cetakan lakso tersebut