Senin, 01 Oktober 2012

Mie Kuah Ikan&Selada

Ini makanan khas bangka juga namanya mie kuah ikan...

Makanan ini ngetop bgt..klo di acara syukuran ato pesta pernikahan mie kuah ikan sering disajikan sbg makanan pelengkap..mie tersebut dijual per kg, mie ini disebut mie basah, mie ini hanya ada dibangka, dijawa pun saya tidak pernah menemukan mie semacam ini, mie ini disantap beserta kuahnya dan ditambah kecambah atau toge, yang disebut mie kuah ikan karena bahan utama untuk kuahnya adalah ikan yang sudah digiling dan dicampur bersama rempah2..ibu saya pun bisa membuatnya,,,tapi Cuma kuahnya lho, mie nya cukup beli dipasar...ternyata saya orng yang beruntung karena ibu saya jago bikin makanan yang beginian...
Dulu sewaktu dijogja saya pernah mengunjungi warung namanya mie bangka kalau gak salah, tapi saya agak lupa gitu, warung tersebut kepunyaan orang bangka juga tapi seingat saya mie tersebut beda dengan mie kuah ikan...kalau mie kuah ikan ini khas bangka tulen...
                                       teraaann...mie kuah ikan siap disantap...hemmm sedapnya
Ini dia yang namanya Selada

Selada, makanan ini nikmat banget, g kalah sama mie kuah ikan tadi, makanan ini disantapp bersama kuah yang terbuat dari gilingan kacang, selada ini lebih banyak campurannya, jadi agak ribet juga kalau mau bikinin makanan ini
Bahan utamanya ada lontong, mie, timun, tahu, telur, kemplang, hemm ada 6 jenis, tapi ketika kita mencicipinya, rasanya terbayar deh walaupun bikinnya agak ribet, apalagai saya penikmat makanan yang berkuah kacang, hari sabtu kemaren saya bener2 kenyang dan puas banget karena banyak makanan dirumah kami, kalau selada g bikin sendiri, selada dikasih sama tetangga, yaa karena tradisi dkampung kami kalo ada acara nganggung dimasjid para ibu2 bikin makanan selanjutnya makanan tersebut dibagikan ke tetangga dan mereka pun ngasih juga, jadi kyk ada balasannya gitu ya walaupun sebenarnya gak mengharapkan balasan..ini dia yang namanya selada khas bangka, kalau makan saya masih sering menggunakan sendok model lama, kayak yang dfoto ntuh,,,pa lg makan yang berkuah rasanya lebih pas aja..






2 komentar:

ettyzweisibungsu mengatakan...

mie kuah ikannya apa gak amis bang?

Yanielieanfa mengatakan...

g donk..kan dkasih bumbu2...jadinya ilang deh bau amisnya...ad juga mie kuah kacang..